Panduan Cara Install WordPress di Localhost Lengkap

Cara Install WordPress di localhost – Apabila kamu ingin memililki blog gratisan, kamu bisa menggunakan blogger atau wordpress.com. Seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel sebemunya cara membuat blog dengan blogger dan wordpress.

Namun perlu kamu ketahui, membuat blog gratis pastinya ada keterbatasan, kamu tidak bisa mengakses secara keseluruhan dan tidak bisa memperdalam mengenai wordpress mulai dari themes, plugins maupun masalah SEO nya.

Semua serba terbatas. Maka dari itu saya akan memberikan tutorial kepada kamu yang ingin membuat blog (website) menggunakan wordpress Self host, artinya wordpress ini nanti akan kita simpan kedalam hosting kita sendiri, tidak akan ada campur tangan orang lain. Jadi kita bisa memodifikasinya semau kita.

Jika kamu ingin membuat blog dengan wordpress self host tentunya memerlukan biaya sewa hosting dan domain, tapi tidak perlu khawatir karena harga sewanya pun tidak akan mahal. Banyak penyedia hosting yang berani memberikan harga murah dengan kapasitas hosting 200 Mb dan domain gratis seharga 200rb/tahun.

Kapasitas Hosting segitu sudah sangat cukup untuk belajar, tapi sebelum kamu belajar langsung menggunakan hosting alangkah baiknya belajar terlebih dahulu menggunakan server lokal, yaitu wordpress akan kita install di komputer kita sendiri. Jadi seolah – olah komputer kita ini menjadi hosting.

Bagaimana caranya? Simak langkah – langkahnya berikut ini.

Cara Install WordPress di Localhost

Untuk install wordpress dikomputer, kita memerlukan 2 perangkat lunak, yang pertama XAMPP yang akan kita jadikan sebagai localhost kemudian wordpress itu sendiri.

1. Install Xampp

Sebelum install Xampp silahkan unduh perangkat lunak ini di situs resminya yaitu Apache Friends. Pilih sesuai sistem operasi yang kamu gunakan di komputer kamu. Apabila kamu menggunakan sisyem operasi windows maka silahkan download Xampp for Windows.

Setelah berhasil di unduh maka sekarang kita lakukan instalasi xampp, silahkan klik 2 kali file xampp yang sudah kamu unduh tadi, tunggu beberapa saat sampai muncul seperti gambar dibwah ini.

Cara Install Xampp

Kemudian pilih komponen yang kita perlukan saja, apabila sudah dipilih selanjutnya klik Next untuk melanjutkan

Cara Install Xampp

Selanjutnya kita harus memilih folder tempat xampp akan disimpan, pada kasus ini saya pilih directory C:\xampp seperti gambar dibawah ini.

Cara Install Xampp

Kamu juga bisa menentukan sendiri dengan directory yang kamu inginkan. Jika sudah silahkan klik tombol next untuk proses instalasi.

Gambar dibawah ini adalah contoh xampp yang berhasil di intall, supaya wordpress dan databasenya bisa berjalan maka kamu harus menjalankan apache dan mysql, caranya klik tombol start pada apache dan mysql dan tunggu sampai berwarna hijau.

Cara Install Xampp

Untuk Membuktikan php dan mysql sudah berjalan atau belum silahkan ketik localhost pada browser di komputer kamu. Apabila tampilannya seperti gambar dibawah ini artinya php dan mysql berhasil dijalankan dan siap digunakan untuk install wordpress

Cara Install Xampp

2. Membuat Database

Setelah selesai install xampp dan berhasil menjalankannya maka langkah selanjutnya kita akan membuat database.

Database ini nanti digunakan untuk menyimpan data dari wordpress kita. Berikut ini langkah langkahnya.

Ketik localhost/phpmyadmin pada browser kamu

Cara Membuat Database

Kemudian klik menu database dan ketik nama database di kolom seperti gambar dibawah ini dan selanjutnya klik tombol Buat

3. Install WordPress

Setelah berhasil membuat database saatnya kita melakukan instalasi wordpress nya.

Untuk menjalankan instalasi wordpress silahkan unduh terlebih dahulu file wordpress di situs resminya yaitu wordpress.org

Setelah berhasil di unduh silahkan keluarkan folder wordpress (extract) terlebih dahulu dan pindahkan folder wordpress hasil extract tadi kedalam directory C:\xampp\htdocs

Jika sudah berhasil dipindah ataupun di salin kemudian ketik localhost/wordpress pada browser kamu dan tampilannya akan seperti di bawah ini

Cara Install WordPress di Localhost

Kamu diminta untuk memilih bahasa situs, bisa menggunakan bahasa inggris ataupun bahasa indonesia, silahkan pilih sesuai keinginan kamu.

Apabila sudah memilih bahasa silahkan klik tombol lanjutkan

Kemudian akan tampil halaman yang meberitahukan bahwa kamu membutuhkan beberapa informasi seperti nama database, nama pengguna database, sandi database, host database dan prefiks tabel seperti gambar dibawah ini.

Cara Install WordPress di Localhost

Silahkan klik tombol ayo untuk melanjutkan

Halaman selanjutnya kita harus mengisi sesuai informasi yang ada di halaman sebelumnya

Cara Install WordPress di Localhost

  • isi nama basis data sesuai nama database yang kita buat tadi
  • kemudian nama penggunanya adalah root
  • untuk sandi dikosongkan
  • host basis data adalah localhost
  • dan prefiks tabel bisa kamu biarkan seperti bawaannya
  • setelah selesai silahkan klik tombol kirim.

Apabila semua informasi yang kamu isi adalah benar maka akan tampil halaman selanjutnya yang artinya kamu sudah melewati bagian instalasi.

Cara Install WordPress di Localhost

Silahkan klik tombol jalankan pemasangan.

Pada halaman selanjutnya kamu diminta untuk mengisi formulir seperi gambar dibawah ini

Cara Install WordPress di Localhost

  • Isi judul situs, misalnya blog baru saya
  • Nama Pengguna misalnya admin
  • Password misalnya 1234
  • Dan email isi dengan email yang kamu punya

Apabila sudah terisi semua silahkan klik tombol install wordpress dan tunggu sampai proses instalasi selesai

Tampilan halaman selanjutnya adalah memberitahukan bahwa instalasi wordpress telah berhasil.

Cara Install WordPress di Localhost

Sampai langkah ini kamu sudah bisa melakukan instalasi wordpress di localhost.

Silahkan klik tombol Log Masuk untuk melihat halaman admin area wordpress

Cara Install WordPress di Localhost

Isi nama pengguna dan sandi yang tadi kamu buat kemudian klik tombol Log masuk

Dan inilah tampilan halaman admin wordpress.

Cara Install WordPress di Localhost

Jadi itulah Cara install WordPress di Localhost secara lengkap yang bisa kamu ikuti langkah demi langkahnya. Sekarang kamu sudah berhasil membuat blog dengan wordpress self host dan siap untuk memperdalam isi dari wordpress itu sendiri.

Semoga tulisan saya ini dapat memberikan manfaat untuk kamu dan saya ucapkan terima kasih telah menyempatkan mampir ke blog anugerahweb.net

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *